Selasa, 27 Januari 2009

PENGGUNAAN MULTIMEDIA

1. Area Bisnis
  • Menggunakan voice mail dan video conferencing pada jaringan LAN dan WAN.
  • Pada presentasi ditambahkan audio dan klip video.
  • Pada training : melalui simulasi, seorang mekanik belajar perbaiki mesin, mengetahui pembuatan baja.
  • Pada database : penangkapan gambar oleh kamera video dapat dibuat ID pegawai dan database.
  • Termasuk juga : pemasaran, periklanan, demo produk, dll.

2. Area Pendidikan

  • Multimedia pendidikan mengenai ilmu alam / sosial pada laserdisk.
  • Multimedia belajar membaca pada anak-anak 3-8 tahun (berhitung, bahasa Inggris).
  • Multimedia pada kedokteran mengenai anatomi tubuh manusia dan mendiagnosa penyakit mata, dll.

3. Di Rumah Tangga

  • Permainan sega / atari dimana mesinnya dapat dihubungkan ke TV.
  • Kumpulan resep masakan untuk ibu-ibu.
  • Foto-foto keluarga dan aktifitas yang dilakukan keluarga direkam pada CD.


4. Di Tempat Umum

  • Kios / terminal stand-alone yang dapat memberi informasi, contoh : kios di hotel menyediakan daftar restoran, peta kota, jadwal pesawat, dll.
  • Kios di museum untuk memandu pengunjung dalam suatu pameran, informasi detail mengenai setiap pameran.


5. Pada Virtual Reality

  • Presentasi suatu proyek tata kota yang dilaksanakan misalkan, dapat dilakukan dengan pembuatan model sehingga seolah-olah orang menelusuri jalan, bangunan, taman, dll.
  • Digunakan juga pada aplikasi pariwisata, pelestarian budaya dan sejarah. Misalkan, suatu bangunan yang sudah hancur / tak ada, museum dan yang lain dapat dibuat dengan pemodelan 3D berdasarkan dokumentasi sejarah dari perpustakaan.


6. Pada Teknologi Internet

  • Berbagai macam aplikasi multimedia dalam internet yang biasa disebut MoIP (Multimedia over Internet Protocol) seperti chatting, e-learning, videoconference, game, dll.
  • Bila aplikasi di internet menggunakan database, diperlukan script yang dapat mengakses database di server seperti ASP (Active Serves Pages), CGI / Perl, PHP dan JSP (Java Serves Pages).

JENIS DAN SISTEM MULTIMEDIA

JENIS - JENIS MULTIMEDIA

Berdasarkan kegunaannya multimedia pembelajaran ada 2 macam yaitu:
  1. Multimedia presentasi pembelajaran .
    Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.
  2. Multimedia pembelajaran mandiri.
    Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembelajaran Multimedia mandiri yang dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

SISTEM MULTIMEDIA

  1. Kombinasi Media
    Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
  2. Independence
    Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan / keterkaitan antar media tersebut rendah.
  3. Computer-supported Integration
    Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:

  • Sistem Multimedia Stand Alone
    Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
  • Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
    Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

SYARAT YANG HARUS DIPENUHI DALAM MULTIMEDIA


Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam multimedia yang baik adalah :

  1. Pengoperasian yang mudah dan familiar
  2. Mudah untuk install ke computer yang akan digunakan
  3. Media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif
  4. Sistem pembejaran yang mandiri artinya siswa dapat belajar dengan mandiri baik disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan dari guru.
  5. Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.

PENGANTAR TEKNOLOGI MULTIMEDIA

Pengertian Multimedia

Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi.
Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks, gambar, suara, animasi, dan video.
Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.
Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.
Tujuan Multimedia

Tujuan multimedia yaitu untuk membuat komunikasi semakin baik. Komunikasi antara pemakai dan komputer yaitu :
  1. Manusia dan manusia (lewat komputer)
  2. Manusia dan komputer
  3. Komputer dan manusiaKomputer dan komputer
Sejarah Multimedia
  • 1984 : Macromind (Jamie Fenton, Marc Carter, Marc Pierce).
  • 1985 : Video Works for “Guide Tour” to Apple Machintosh OS.
  • 1987 : Video Works II (colour).
  • 1988 : Video Works interactive, dinamakan Director

* John Thompson, Eric Neuman : Object-Oriented Scripting Language ‘LINGO’.

* Digunakan untuk membuat tampilan “Star Trek TNG”.

  • ... 1997 : terutama digunakan untuk multimedia CD_ROMS (games, infotainment).
  • 1998 : Director sebagai bagian dari “Shockwave Internet Studio”.
  • 2000 : Macromedia memberikan ‘dorongan’ yang kuat pada platform Flash.
  • 2004 : Director MX 2004 mendukung sintaks Java Script sebagai alternatif LINGO.2006 : Adobe masih menjual Director MX 2004.